Ikan Tropis – Memilih Ikan untuk Akuarium Anda

Ini bisa sulit ketika Anda pertama kali mendapatkan akuarium untuk memutuskan dengan tepat ikan apa yang Anda inginkan, atau butuhkan. Alam telah menyediakan beragam ikan tropis, baik varietas laut maupun air tawar dan sementara ini adalah bukti keragaman planet ini, ini dapat membuat ikan tropis menjadi tugas yang merepotkan.

Ketika Anda pertama kali mendapatkan akuarium, fokus Anda seharusnya bukan hewan di dalam tetapi seharusnya malah mendapatkan keseimbangan yang tepat sehingga Anda menciptakan lingkungan yang cocok dan juga merangsang untuk hewan peliharaan baru Anda. Langkah pertama adalah memutuskan apakah Anda akan menciptakan lingkungan air tawar atau laut. Anda akan membutuhkan jenis pemanas yang tepat, filter dan makanan, dan juga harus membeli substrat, ornamen dan bahkan mungkin ingin mempertimbangkan tanaman, baik yang hidup maupun buatan. Setelah keputusan penting ini dibuat, Anda perlu memberi waktu tangki Anda untuk menyelesaikannya sehingga ini adalah lingkungan yang stabil untuk hewan peliharaan Anda.

Dengan semua tugas ini dilakukan Anda kemudian dapat fokus pada ikan tropis yang Anda rencanakan untuk ditambahkan ke akuarium Anda. Pada tahap ini penting untuk diingat bahwa memilih ikan di sepanjang garis warna dan penampilan mungkin merupakan cara termudah untuk pergi, tetapi sering akan menghasilkan kumpulan ikan yang tidak cocok dan tidak mungkin untuk berkembang. Pertimbangan yang harus Anda buat adalah sebagai berikut.

Ukuran ikan apa pun yang Anda rencanakan untuk dibeli, tidak hanya pada saat pembelian tetapi juga ukuran yang kemungkinan akan mereka capai ketika mereka dewasa. Ukuran ini akan memengaruhi jumlah ikan yang dapat Anda miliki dalam akuarium dan dalam keadaan ekstrim dapat menyebabkan ikan Anda menjadi terlalu besar untuk habitatnya.

Penting juga untuk melihat sikap ikan, apakah itu agresif atau memiliki ciri-ciri karakter tertentu untuk spesiesnya yang membuatnya tidak cocok untuk hidup dengan ikan tertentu lainnya. Ciri-ciri seperti itu bisa berupa kewilayahan, persuasi untuk makan ikan lain atau menindas ikan lain dengan menggigit siripnya.

Penting juga untuk mempertimbangkan apakah ikan yang bersangkutan akan cocok untuk hidup dengan ikan lain yang Anda pilih, jika Anda memiliki tanaman hidup apakah itu mungkin memakannya dan jelas berapa biayanya. Sebagai pemula, Anda tidak perlu membeli ikan yang mahal untuk berjaga-jaga jika Anda memiliki masalah dalam menjaga lingkungan akuatik yang sehat.

Akhirnya, ketika berbelanja ikan sangat penting bagi Anda untuk menemukan ikan yang sehat; ini berarti mengamati secara dekat penampilan fisik dan sikap mereka. Pada akhirnya ketika mencari ikan yang sehat, Anda harus mencari bintik-bintik putih atau benjolan di tubuh, memastikan bahwa sirip dan ekor sudah lengkap (memperhatikan tanda-tanda penyakit seperti sirip membusuk) dan juga mencoba untuk melihat sisik yang hilang. Jika Anda melihat ikan-ikan ini jarang layak dibeli.

Semoga pengenalan singkat tentang dunia pemeliharaan ikan ini akan menjadi batu loncatan pertama untuk memiliki dan memelihara populasi ikan tropis yang sehat dan habitat akuatik.